Rabu, 22 Juni 2016

Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis


Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Secara Umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Pengertian Komunikasi menurut definisi James A.F.Stoner adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Sedangkan menurut definisi Prof. Drs. H.A.W. Widjaya yang mengatakan bahwa pengertian komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Menurut definisi William F.Glueck yang menjelaskan bahwa komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk. yaitu sebagai berikut :

  • Interpersonal Communications : Interpersonal communications (komunikasi antarpribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia. 
  • Organization Communications : Organization communications adalah proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang ada hubungan. 

Adapun Unsur - unsur komunikasi


keterangan :
1.Sumber/Komunikator : pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi
2.Pesan : keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa kata-kata, tulisan, gambaran atau perantara lain.
3.Media : biasa disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam proses komunikasi.
4.  Penerima/Komunikan : penerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator. Komunikan bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok.  
5. Efek : perbedaan yang dialami oleh komunikan sebelum dan sesudah menerima pesan  
6. Umpan Balik/Feed Back : dimaknai sebagai jawaban komunikan atas pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya 
7. Lingkungan : Lokasi atau tempat dimana komunikasi sedang berlangsung.
 
Bisnis dalam Pandangan Komunikasi 
 Komunikasi Modern lebih menekankan kebutuhan komunikan (penerima pesan) dan kesiapan komunikan dalam proses komunikasi. Lebih penting daripada fungsi pesan dan tujuan komunikator (pengirim pesan). Hal ini dikarena 2 faktor :   
1.Dalam realitas psikologis kebutuhan dapat diciptakan. Kebutuhan manusia terhadap barang (individual habit). Misalnya saja media massa melalui informasinya. Informasi itulah yang membentuk nilainilai citra (image) dan kebutuhan.
2.Peluang pasar sangat ditentukan oleh citra konsumen mengenai barang dan jasa. Jika sebuah produk mampu meyakinkan konsumen bahwa produk itu memiliki kredibilitas (dapat dipercaya), memiliki fungsi, dijamin keamanannya dan keunggulannya, peluang pasarnya pun akan terbentuk.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar